Close

Tahapan Siklus Daur Hidup Padi dan Penjelasannya

Apa Itu Padi?

Padi termasuk dalam kelompok tanaman Poaceae dan batangnya terdiri dari beberapa ruas. Segmen adalah sisir kosong. Di kedua ujung tudung kosong, tudung ditutupi dengan buku. Panjang segmen tidak sama. Ruas terpendek tanaman padi ini berada di pangkal batang. Segmen kedua, segmen ketiga, dan yang seterusnya akan lebih panjang dari segmen sebelumnya.

Daun menutupi pelepah dari segmen bawah ke atas, tepat di luar buku pelepah ujung daun bercabang, cabang terpendek adalah lidah daun dan bagian terpanjang dan terbesar adalah piala. kiri dan kanan. Kelopak terpanjang yang menutupi bagian atas batang disebut daun bendera. Ruas yang membentuk bulir padi terjadi persis dimana lobus pelepah atas menjadi ligula dan daun bendera.

Mengenal Taksonomi Padi

  • Divisio                   : Spermatophyta
  • Sub divisio        : Angiospermae
  • Class                    : Monocotyledoneae
  • Ordo                      : Poales,
  • Family                   : Graminae
  • Genus                   : Oryza Linn
  • Species                 : Oryza sativa L.

Proses Daur Hidup Padi

1. Masa Vegetatif Awal

Gabah atau tunas biasanya berkecambah setelah direndam dalam air selama kurang lebih 24 jam. Setelah perkecambahan, tunas dan akar muncul dari kulit gabah. Setelah itu daun pertama muncul pada hari kedua atau ketiga setelah benih disemai di persemaian. Pada akhir tahap ini, Anda akan menemukan bahwa daun pertama masih melengkung dan akarnya tumbuh.

Tahap perkecambahan dimulai segera setelah benih mulai berkecambah dan berlanjut sampai tunas pertama muncul. Tahap daur hidup padi ini tunas terus tumbuh dan terbentuk dua daun lagi. Daun terus berkembang pada tahap awal masa pertumbuhan. Bibit berumur 18 hari umumnya akan memiliki 5 daun dengan dilengkapi sistem perakaran yang berkembang pesat.

Anakan pada tahap ini akan berlangsung dari munculnya anakan pertama hingga mulai terbentuknya anakan terbesar. Tanaman akan terus memanjang dan juga semakin aktif membentuk anakan. Pada tahap ini, tunas akan terus tumbuh hingga sulit dipisahkan dari batang yang memanjang. Perpanjangan terjadi sebelum pembentukan malai atau akhir anakan.

2. Masa Reproduktif

Daur hidup padi fase reproduktif ini akan muncul pertama di segmen buku besar dan kemudian di pena pola tidak beraturan. Saat mulai berkembang, butiran menjadi jelas terlihat. Malai muda bertambah besar dan berkembang ke atas di dalam pelepah daun bendera, menyebabkan pelepah daun menonjol. Pembengkakan disebut kebuntingan. Kehamilan pertama kali terlihat pada simpul batang utama.

Pelepasan bunga atau malai Ini disebut tahap awal malai. Arahnya ditunjukkan dengan munculnya ujung malai. Malai terus tumbuh hingga benar-benar keluar dari pelepah daun. Periode pembungaan dimulai ketika butiran serbuk sari menonjol keluar dari gabah dan terjadi pembuahan. Kelopak kemudian akan menutup. Serbuk sari jatuh di putik dan menyebabkan pembuahan.

3. Masa Pematangan

Pada tahap ini gabah-gabahan mulai terisi dengan zat susu/larutan putih. Mulai jongkok dengan malai hijau. Nasi setengah matang. Pada tahap ini, kandungan susu pada gabah menjadi massa lunak yang akhirnya mengeras. Bulir pada malai mulai menguning dan tanaman tampak menguning. Ketika mulai menguning, ujung dua daun terakhir pada setiap pucuk mengering.

Butir akan dapat dikatakan matang sepenuhnya setiap mengalami fase perkembangan penuh, keras, serta berwarna kuning. Gabah-gabahan akan berubah menjadi keras dan berwarna kuning. Daun bagian atas cepat kering, tetapi daun beberapa varietas tetap hijau. Hal ini merupakan fase terakhir dari tahap daur hidup padi ketika bertumbuh dengan baik

Temukan lebih banyak konten menarik lain di Tanjung Pinang Pos:

Tinggalkan komentar