Close

Kenapa Internet Indonesia Lemot? 

Mungkin pengguna sosial media sering mengeluh terkait koneksi internet. Baik itu karena buka medsos yang loading terus, nonton YouTube selalu buffering, dan lainnya sebagainya. Pastinya akan bertanya-tanya, kenapa Internet Indonesia lemot?

Kecepatannya bahkan berada paling rendah daripada negara tetangga. Jadinya, membuat loading lama meskipun jaringannya sudah 4G. Jika ingin tahu alasannya, maka bisa menyimak pembahasan berikut.

Kenapa Internet Indonesia Lemot?

⦁ Infrastruktur Kurang Memadai

Internet sangat bergantung kepada infrastruktur yang meliputi tiang pemancar, kabel telepon, kabel serat optik, dan lainnya. Sayangnya, letak geografis negara Indonesia menjadi tantangan pada pembangunan infrastruktur.

Mengingat, pembangunannya tentu harus melewati berbagai area hutan, sungai, gunung, laut, dan lain sebagainya. Hal itu dibutuhkan agar bisa menyebar dari Pulau Sumatra, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, hingga Papua.

Itulah salah satu penyebab jaringan di Indonesia lemot karena memang infrastrukturnya kurang memadai. Proyek infrastruktur yang terbesar di Indonesia ialah Palapa Ring. Kabel serat optiknya mencapai 36.000 km.

Letak geografis juga berdampak pada wilayah pedalaman yang sulit mengakses internet. Hal itu karena belum ada jalan yang layak untuk pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

Pada tahun 2016 saja, di daerah Maluku dan Papua cuma bisa mengakses dengan kecepatan 200 Kbps. Sudah bisa dibayangkan seperti apa lemotnya, bukan?

⦁ Ukuran Data Tidak Efisien

Alasan selanjutnya kenapa internet Indonesia lemot adalah dari ukuran datanya. Hal ini berdasarkan analisa Mark Zuckerberg ketika berkunjung ke Indonesia. Ia menuturkan bahwa kebanyakan penyedia konten tidak mempedulikan ukuran data.

Akhirnya, internet Indonesia buruk dan menjadi lemot. Oleh karena itu, Mark Zuckerberg menyarankan untuk mengecilkan ukuran data kepada penyedia konten. Dengan begitu, akan lebih ramah dalam koneksi internet yang masih lambat ini.

⦁ Tingginya Pengguna Internet

Masalah internet di Indonesia juga dipengaruhi oleh penggunanya yang kian hari terus bertambah. Hal itu terbukti dari seiringnya pembelian smartphone yang semakin meningkat. Tidak hanya orang Indonesia, anak-anak bahkan sudah banyak yang mempunyai ponsel sendiri.

Maka dari itu, alasan kenapa internet Indonesia lemot. Mengingat kurang memadainya infrastruktur tentu tidak bisa mengimbangi penggunaan yang tinggi. Jadi, sama halnya saling berebut untuk mendapatkan koneksi internet.

Tinggalkan komentar