Close

Kenapa Pakistan di Blacklist Indonesia?

Kenapa Pakistan di blacklist Indonesia? Sebenarnya pertanyaan ini bukan menunjukkan pemblokiran tentang larangan berkunjung atau sejenisnya. Akan tetapi, Indonesia mengeluarkan Pakistan dari daftar negara calling visa.

Tentunya penasaran bukan, kenapa Indonesia akhirnya membuat keputusan seperti itu. Sebenarnya apa tujuan dari penghapusan tersebut. Jika ingin tahu, maka cari jawabannya dalam artikel ini.

Kenapa Pakistan di Blacklist Indonesia?

⦁ Agar Lebih Mudah Berkunjung ke Indonesia

Pencabutan visa dari Pakistan ke Indonesia agar semakin memberi kemudahan dalam melakukan kunjungan. Calling visa sendiri merupakan layanan visa yang khusus diperuntukkan bagi negara dengan tingkat kerawanan tertentu.

Baik itu dari aspek ideologi, ekonomi, politik, budaya, sosial, keamanan negara, serta aspek keimigrasian. Jadi, dalam konteks keimigrasian, bisa berarti izin masuk ke suatu negara. Sedangkan.

Sedangkan, pada konteks kenegaraan, berarti alat politik negara dalam menjalankan hubungan dengan mancanegara. Setiap negara juga telah mempunyai kebijakan tertentu terkait calling visa.

Namun, yang pasti kebijakannya akan mempertimbangkan terkait kondisi keamanan negara pemohon visa. Jadi, alasan utama kenapa Pakistan di blacklist Indonesia ialah karena negara tersebut tidak mengancam dalam kepentingan nasional Indonesia.

⦁ Mempertimbangkan Hubungan Diplomatik Serta Bisnis Negara

Penyebab lain kenapa Pakistan di blacklist Indonesia adalah dengan mempertimbangkan hubungan diplomatik dan juga bisnis negara. Menko Polhukam pun telah menyatakan bahwa hubungan antara kedua negara termasuk dalam perdagangan sangat positif.

Jadi, sudah sepantasnya memberikan kemudahan untuk warga Pakistan datang ke Indonesia. Mengingat proses pembuatan visa cukup rumit dan membutuhkan waktu lama untuk bisa selesai.

Mengenai biaya visa dari Pakistan ke Indonesia cukup bervariasi karena tergantung jenis yang dipilih. Dengan adanya pencabutan calling visa, maka penduduk Pakistan bisa datang ke perwakilan Indonesia mana saja untuk meminta visa.

Berbeda dengan sebelumnya, yang mana penduduk Pakistan harus mengajukan visa dahulu secara langsung kepada Dirjen Imigrasi Indonesia. Dari keputusan ini, sebenarnya akan membawa banyak manfaat dan keuntungan antar 2 negara, yaitu Pakistan dan Indonesia.

Hal itu karena bisa membuat jalinan kerja sama perdagangan semakin lancar. Selain itu, juga semakin meningkatkan investasi antar kedua belah pihak. Hubungan baik yang terjalin selama ini pun akan semakin erat.

Tinggalkan komentar