Close

Mengapa Kita Tidak Boleh Membuang Sampah Sembarangan?

Tahukah Anda apa saja alasan yang tepat mengapa kita tidak boleh membuang sampah sembarangan? Perintah membuang sampah pada tempatnya biasanya ditanamkan sejak dini. Sehingga Anda bisa menerapkan hidup disiplin dengan buang sampah di tempatnya walaupun di lingkungan mana saja.

Namun walaupun demikian, cukup banyak orang yang tidak peduli akan kebersihan dan membuang sampah sembarangan. Kebanyakan karena mereka tidak tahu akibat yang bisa timbul akibat perilaku buruk ini. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui alasan mengapa kita tidak boleh membuang sampah sembarangan. Bahkan, dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan yang cukup serius.

Alasan Penting Mengapa Kita Tidak Boleh Membuang Sampah Sembarangan

Ada beberapa alasan mengapa larangan buang sampah di tempat sembarangan diberikan kepada masyarakat luas dan untuk berbagai kalangan. Berikut ini beberapa alasan utama yang akhirnya membuat larangan untuk membuang sampah disebarluaskan.

1. Menyebabkan Pencemaran Air

Alasan pertama yang membuat Anda dilarang membuang sampah sembarangan yaitu karena dapat menyebabkan terjadinya pencemaran air. Hal tersebut terjadi jika Anda buang sampah di selokan, sungai atau bahkan saluran air.

Pencemaran air oleh sampah yang dibuang sembarangan akan membuat kualitas air menurun yang menimbulkan warna keruh dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Sehingga membuat air tersebut tidak layak untuk dikonsumsi ataupun memenuhi kebutuhan masyarakat.

2. Menyebabkan Pencemaran Tanah

Selanjutnya, buang sampah tidak pada tempatnya juga dapat menyebabkan terjadinya pencemaran tanah. Sehingga tanah di lahan tersebut tidak dapat digunakan dan dimanfaatkan secara maksimal. Terutama tanah yang mengandung banyak sampah plastik yang membutuhkan waktu cukup lama untuk menguraikannya.

3. Menimbulkan Penyakit

Terakhir, sampah yang berserakan bisa mengakibatkan timbulnya penyakit. Mulai dari penyakit yang berasal dari bakteri penyebab penyakit seperti salmonellosis, shigellosis sampai dengan tetanus. Bahkan, sampah yang dibuang sembarangan juga seringkali digunakan sebagai sarang nyamuk yang menyebabkan penyakit demam berdarah.

Bagaimana, apakah Anda mulai memahami mengapa larangan membuang sampah sembarangan terpampang dimanapun? Demikian ulasan singkat mengenai alasan utama mengapa kita tidak boleh membuang sampah sembarangan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar