Close

Kenapa Bendera Monaco Sama dengan Indonesia? 

Seperti yang sudah diketahui bahwa bendera Indonesia berwarna merah putih. Namun, ternyata tidak hanya Indonesia yang mempunyai bendera dengan warna seperti itu, salah satunya ialah Monaco. Lalu, kenapa bendera Monaco sama dengan Indonesia?

Peletakan warnanya bahkan juga sama, yaitu merah di bagian atas dan putih di bagian bawahnya. Pastinya penasaran bukan, kenapa bendera Monako dan Indonesia bisa sama? Silakan cari tahu jawabannya di sini!

Kenapa Bendera Monaco Sama dengan Indonesia

⦁ Faktor Kebetulan

Alasan pertama kenapa bendera Monaco sama dengan Indonesia adalah karena faktor kebetulan. Keduanya mempunyai sejarah masing-masing sehingga memutuskan untuk menggunakan bendera dengan warna tersebut.

Monaco termasuk negara terkecil di dunia sesudah Vatikan. Akan tetapi, juga menyandang negara kecil dengan populasi penduduknya yang padat. Negara ini dikelilingi langsung oleh Prancis, Italia, Inggris, dan AS.

Jadi, negara tetangga tersebut sebagian memilih tinggal dan akhirnya menjadi warga Monako. Sedangkan, penduduk asli Monako diketahui terhitung minoritas. Menurut American Flags yang dilansir Riau Online, pengesahan bendera Monako secara resmi pada 4 April 1881.

Peresmian tersebut dilaksanakan di bawah pemerintahan Pangeran Monako Charles III. Sebenarnya, jauh dari tanggal peresmian, warna merah-putih bendera Monako sudah digunakan sejak tahun 1297. Saat itu, sistem pemerintahan Monako ada di bawah sistem pemerintahan monarki.

Kemudian jika melansir Flag Makers, negara Monako awalnya termasuk negara koloni Genoa, Italia. Selain itu, dikisahkan Francesco Grimaldi, seorang keturunan Italia telah berhasil merebut kemerdekaan dari kolonial Genoa. Peristiwa tersebut terjadi di tahun 1297.

Sejak itu, simbol negara dibentuk guna mewakili wilayah dinasti Grimaldi, yang bernama House of Grimaldi. Moto yang dimiliki adalah ‘Deo Juvante’  artinya ‘Dengan Bantuan Tuhan’. Dalam simbol tersebut terdapat rangkaian pola wajik berwarna merah putih. Jadi, itulah asal-usul dari pengambilan warna bendera Monaco.

⦁ Mengklaim Sebagai Bendera Tertua

Dari sejarah di atas, tidak heran jika Monaco keberatan dengan warna bendera Indonesia yang sama dengannya. Apalagi penggunaan secara resminya baru di tanggal 17 Agustus 1945. Namun faktanya, warna bendera Indonesia terinspirasi dari bendera kerajaan Majapahit.

Bendera Majapahit tersebut dikenal dengan sebutan Sang Saka Getih-Getah. Pengibaran pertama bendera tersebut sebagai panji kemenangan dalam pertempuran pasukan Raden Wijaya melawan Dinasti Yuan Tiongkok.

Oleh karena itu, akhirnya sepakat untuk tetap menggunakan warna tersebut. Sebenarnya, ada perbedaan Monaco dan Indonesia, yaitu dari rasio panjang lebar benderanya. Indonesia dengan rasio 2:3, sedangkan Monaco sebesar 4:5.

Tinggalkan komentar