Close

Kenapa Jenazah Tidak Boleh Ditinggal Sendirian?

Bagi sebagian masyarakat pasti penasaran kenapa jenazah tidak boleh ditinggal sendirian sebelum dikuburkan. Jenazah tersebut harus ada yang menemani oleh satu orang atau lebih. Ada beberapa alasan kenapa harus ada yang menemani jenazah. 

Salah satu yang sering terdengar di masyarakat adalah tidak dilompati oleh kucing. Ada banyak pendapat tentang alasan yang satu ini. Tapi yang pasti, ada beberapa hal yang harus dilakukan kepada orang yang baru meninggal. 

Alasan Kenapa Jenazah Tidak Boleh Ditinggal Sendirian

Ada beberapa pendapat tentang adanya hukum menunggu jenazah ssebelum dikuburkan. Tentu saja, pendapat tersebut memiliki alasan yang berbeda. Lalu kenapa jenazah tidak boleh ditinggal sendirian? Semua pendapat tersebut akan diulas berikut ini. 

  • Hukumnya Makruh

Menurut sebagian ulama, ada yang mengatakan kalau meninggalkan jenazah di kamar, musala, atau lainnya sendirian sebelum dikuburkan hukumnya makruh. Sebelum jenazah tersebut dikuburkan, sebaiknya ada yang menjaganya dari pihak keluarga atau kerabatnya. Meskipun itu hanya satu orang. 

  • Tidak Diganggu Setan

Pendapat selanjutnya supaya jenazah tidak boleh ditinggalakan sendirian agar tidak diganggu oleh setan. Bukan hanya ketika hidup saja, setan pun akan tetap menggoda jenazah. Oleh karena itu, jangan biarkan jenazah sendirian supaya tidak ada setan yang mengganggunya. 

Apalagi jenazah tersebut meninggal pada sore hari. Karena bisa saja setan akan bermain di dalam perutnya. 

  • Dilompati oleh Kucing 

Alasan terakhir jenazah ditunggui adalah supaya tidak ada yang melompatinya, terutama hewan kucing. Ada banyak kepercayaan tentang yang satu ini. Ketika kucing melompati jenazah maka akan terjadi sesuatu tentang jenazah tersebut. 

Masyarakat percaya ketika kucing melompati jenazah, maka arwah jenazah tersebut akan bangkit dan akan dikuasai oleh roh jahat di dalam kucing tersebut. Entah benar atau tidak, namun kepercayaan tersebut sudah mengakar di benak sebagian masyarakat. 

Bahkan mitos tersebut sudah tersebar luas di berbagai daerah Indonesia. Benar atau tidaknya, setiap orang memiliki pendapat dan kepercayaan sendiri. 

Kini sudah tahu alasan kenapa jenazah tidak boleh ditinggalkan sendiri. Jenazah tersebut harus ada yang menungguinya, baik dari pihak keluarga atau kerabat. 3 alasan tersebut berdasarkan hukum agama Islam dan kepercayaan dari sebagian masyarakat di Indonesia. 

Tinggalkan komentar