Close

Mengapa Kita Tidak Boleh Membuang Sampah di Saluran Air?

Saluran air adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk menyalurkan air, baik dari hulu ke hilir maupun dari pemukiman ke pembuangan. Lalu, muncullah pertanyaan mengapa kita tidak boleh membuang sampah di saluran air.

Jawabannya sangat sederhana, karena fungsinya yang sangat krusial bagi kehidupan manusia, sehingga perlu kita jaga dan rawat dengan baik. Jargon membuang sampah pada tempatnya pun sudah digaungkan, bahkan sejak kita masih kanak-kanak, bukan?

Mengapa Kita Tidak Boleh Membuang Sampah di Saluran Air?

Namun fakta di lapangan menunjukkan, bahwa jargon tersebut belum sepenuhnya berhasil. Tidak sedikit masyarakat yang membuangnya ke saluran pembuangan air. Lantas, mengapa kita tidak boleh membuang sampah dengan sembarangan?

1. Mencemari Air

Air tidak bisa menguraikan sampah yang berada di salurannya, sehingga akan terjadi penumpukan. Lama-kelamaan, kandungan di dalam sampah akan mencemari saluran tersebut, bahkan air di dalam tanah.

Hal ini dikarenakan, tanah dasar sungai akan menyerap zat apapun yang terkandung di dalam sampah. Air tanah tersebut akan mengalir hingga ke pemukiman, sehingga kualitas air konsumsi juga turut menurun.

2. Menyebabkan Banjir

Sampai saat ini, sampah masih menjadi permasalahan banjir yang sulit untuk diatasi. Alasan kita tidak boleh membuang sampah di saluran air yang utama adalah bisa menghambat alirannya.

Sampah ini akan menumpuk di pinggiran atau pintu air, sehingga bisa membuat sumbatan. Akibatnya, air yang tidak bisa mengalir ke pembuangan akhir (hilir/laut) akan naik ke daratan dan menyebabkan banjir.

3. Bisa Memicu Penyakit

Penguraian sampah yang tidak sempurna justru bisa menjadi tempat perkembangbiakan kuman dan penyakit, serta nyamuk. Dalam jangka waktu tertentu, kondisi ini bisa memicu penyakit di masyarakat.

4. Merusak Habitat Hewan Air

Kita tidak boleh membuang sampah di sungai, karena tempat ini menjadi “rumah” bagi hewan-hewan air, seperti ikan, udang, dan lain-lain. Keberadaan sampah tidak hanya memicu bau tidak sedap, tetapi juga merusak habitat tersebut.

Dampaknya bukan hanya memengaruhi kehidupan hewan-hewan air, tetapi juga manusia yang hidup di sekitar sungai. Sebab akan menjadi sulit mencari ikan, baik untuk konsumsi harian maupun dijual lagi.

Sekarang sudah jelas, mengapa kita tidak boleh membuang sampah di saluran air, bukan? Dalam jangka pendek maupun panjang, manusia jugalah yang akan menikmati dampak-dampak tersebut. Oleh karena itu, bijaklah dengan sampah yang kita hasilkan.

Tinggalkan komentar