Close

Kenapa KKB Papua Sulit Diberantas?

KKB merupakan singkatan dari Kelompok Kriminal Bersenjata. Kelompok ini seringkali menebar teror baik kepada warga sipil maupun TNI bahkan Polri di wilayah Papua. Lantas, kenapa KKB Papua sulit diberantas?

Tujuan dari KKB Papua, yaitu melepaskan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Oleh sebab itu, KKB Papua dikenal sebagai gerakan separatis, yang gerakannya sering memakan korban jiwa.

Kenapa KKB Papua Sulit Diberantas

Pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi telah menyatakan bahwa kehadiran KKB di Papua bukan tanpa alasan. Adanya KKB termasuk salah satu dampak dari permasalahan di Papua yang tidak pernah terselesaikan.

Oleh karena itu, gangguan keamanan, teror, serta serangan bisa terjadi kapan pun untuk menunjukkan eksistensi mereka. Berikut ini sudah ada beberapa alasan kenapa KKB Papua sulit diberantas.

1.   Krisis Kepercayaan

Fahmi mengatakan bahwa, ada krisis kepercayaan dari masing-masing pihak. Bahkan, pada satu sisi, KKB cenderung lebih pesimis terhadap agenda yang ditawarkan pemerintah dan curiga terhadap apa yang telah dikerjakan untuk masyarakat Papua.

Sementara itu, pemerintah sendiri tidak menunjukkan posisi yang jauh lebih positif terhadap persoalan Papua. Pada akhirnya, dialog ini sulit tercapai karena tidak adanya kepercayaan yang terbangun dengan baik.

2.   Kekerasan di Papua

Fahmi mengatakan, persoalan ini dipersulit dengan masalah kekerasan di Papua, baik dari KKB maupun TNI dan Polri. Walaupun TNI mulai mengubah pendekatan dari senjata menjadi dialog.

Bahkan, ia menyebutkan masih sulit dilakukan karena dimotori oleh militer. Apalagi masalahnya karena tindakan merangkul ini dilakukan oleh perangkat yang sebelumnya diberi mandat untuk memukul.

Oleh karena itu, seharusnya TNI dan Polri diposisikan untuk antisipasi kemungkinan terburuk. Sementara perangkat pemerintah yang lain juga harus menjalankan dengan baik kebijakan merangkul itu dalam berbagai bentuk program.

Oleh sebab itu menurutnya perubahan pendekatan itu juga harus disertai dengan penggantian leading sector. Itu saja beberapa alasan kenapa KKB Papua sulit diberantas, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar