Close

3 Alasan Kenapa Papua Ingin Merdeka 

Konflik di Papua sampai saat ini tidak kunjung usai. Bahkan, akibat adanya konflik tersebut, tidak jarang sampai memakan korban jiwa. Hal inilah yang menjadi kenapa Papua ingin merdeka.

Sementara itu, ada sebagian masyarakat yang ingin memisahkan diri. Bahkan, ada wacana Papua merdeka sudah muncul sejak berpuluh tahun silam. Hingga hari ini, wacana tersebut terus bergulir bak bola api panas.

3 Alasan Kenapa Papua Ingin Merdeka 

Agar menjawab pertanyaan kenapa Papua ingin merdeka. Berikut ini sudah ada beberapa alasan Papua ingin merdeka, yaitu.

1. Mempunyai Hubungan Budaya Kuat 

Alasan pertama, karena adanya kesamaan budaya antara rakyat Papua Barat dengan negara tetangga di bagian timur, seperti Papua Nugini dan wilayah timur pasifik. Adanya kesamaan budaya ini, membuat masyarakat Papua Barat lebih memiliki hubungan emosional bak saudara dengan para tetangganya.

2. Faktor Kekayaan Alam

Kekayaan alam Papua memang sudah terkenal seantero Indonesia. Hal inilah yang menjadi sumber daya semestinya dan dimanfaatkan untuk kepentingan penduduk lokal.

Namun, selama ini malahan sumber daya alam Papua lebih banyak dikelola oleh orang bukan penduduk asli. Oleh karena itu, faktor tersebut bukan tidak mungkin menjadi alasan Papua ingin pisah dengan Indonesia agar bisa mengelola sumber daya alamnya secara mandiri.

3. Melanggar Hak Ekonomi Masyarakat Papua

Tokoh dari gerakan kemerdekaan Papua, Otto Ondawame sudah melaporkan HD Centre mengurai. Tidak hanya itu saja, ada pelanggaran hak sipil.

Namun ia menilai bila pemerintah Indonesia pun melanggar hak ekonomi dari masyarakat Papua. Beberapa pelanggaran itu terjadi sejak lama sampai berpuluh-puluh tahun, seperti:

  • Adanya eksploitasi sumber daya alam yang hanya menguntungkan segelintir orang, dan malah membiarkan pemilik asli tanahnya dalam kemiskinan.
  • Distribusi yang tidak adil atas adanya pelayanan sosial dan kesempatan ekonomi antara Papua dan non-Papua.
  • Permasalahan yang ada di atas, seakan menjadi pemantik wacana kemerdekaan Papua terus bergaung dan tidak berkesudahan sampai saat ini.

Itu saja beberapa kenapa papua ingin merdeka. Semoga apa yang sudah disampaikan bisa memberikan manfaat bagi para pembaca ya.

Tinggalkan komentar