Close

Alasan Kenapa Orang Papua Hitam

Secara fisik, orang yang berasal dari suku Papua mempunyai karakteristik yang sedikit berbeda dengan suku bangsa lain di Indonesia. Orang Papua cenderung berbadan besar, berkulit hitam, dan mempunyai rambut keriting. Kenapa orang Papua Hitam?

Jelas hal ini karena leluhur suku di Papua mempunyai ras yang berbeda dengan suku lainnya. Dalam sejarah, leluhur Indonesia ada dua ras yang mendiami kepulauan nusantara sejak lama, Ras Mongoloid di bagian barat dan utara. Selain itu, Ras Australomelanesid di bagian timur dan selatan. 

Alasan Kenapa Orang Papua Hitam

Orang Papua umumnya berasal dari Ras Australomelanesoid, sedangkan orang Melayu dari Ras Mongoloid. Meski demikian, leluhur orang Papua pertama kali tinggal dan mendiami wilayah kepulauan nusantara. 

Keberadaannya bahkan dapat ditarik mundur saat Homo Sapiens melakukan migrasi keluar benua Afrika pada 100.000-300.000 tahun lalu. Benua Afrika dipercaya sebagai sumber dari evolusi hominid (manusia purba). Berikut ini penjelasan Kenapa orang Papua Hitam?

1. Manusia Pertama di Nusantara

Secara umum, manusia ini menyusuri garis pantai dengan terus berjalan dari Afrika hingga tiba di Asia Tenggara. Jembatan darat mereka digunakan untuk menyeberang Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan bergerak ke Halmahera hingga Papua.

Mereka ini dikenal sebagai Ras Melanesia dan menurunkan suku bangsa Papua. Orang-orang Papua memiliki garis keturunan secara langsung dari mereka. 

Bahkan, ciri fisiknya hampir sama, yakni rambut merah dan keriting. Bukti perjalanan ini ditemukan di kawasan Lida Ajer, Sumatera Barat berupa gigi yang berumur 73.000-63.000 tahun lalu. Bahkan, ada alat-alat batu di wilayah timur Indonesia yang berasal dari 45.000-20.000 tahun lalu.

2. Menguasai Sebagian Besar Nusantara

Jauh sebelum munculnya Ras Mongoloid, Ras Australomelanesid lebih dahulu telah menguasai nusantara. Bahkan, mereka hidup dan menetap di gua-gua Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara Barat, serta Timur. Jadi tidak heran, Dataran Sunda, Wallacea, dan Daratan Sahul merupakan kawasan Melanesia Lama.

Jadi bisa disimpulkan Kenapa orang Papua Hitam?. Hal ini karena orang Papua merupakan keturunan langsung dari manusia modern awal yang 70.000 tahun lalu tiba di nusantara dan menurunkan ras Australomelanesid. 

Tinggalkan komentar