Close

Kenapa Tinggal di Jakarta Kulit Jadi Putih? Cek Faktanya

Tahukah Anda, tempat tinggal sangat mempengaruhi warna kulit seseorang. Mereka yang tinggal di kawasan perkotaan cenderung memiliki kulit lebih cerah, misalkan saja Jakarta. Lantas kenapa tinggal di Jakarta kulit jadi putih? Ada yang tau apa yang terjadi dibalik asumsi tersebut?

Rupanya asumsi ini tidak muncul begitu saja, lho! Ini bisa kita jawab dan selesaikan dengan penjelasan ilmiah. Setiap orang punya warna kulit yang berbeda. Ada yang berkulit putih, cokelat, hitam langsat atau hitam sekalipun.

Masyarakat Indonesia masih menjadikan kulit putih sebagai standar kecantikan sampai saat ini. Itulah kenapa banyak orang penasaran bagaimana cara mewujudkannya seperti orang yang tinggal di Jakarta.

Menurut kacamata ilmiah, kulit manusia itu dipengaruhi oleh zat melanin. Jumlah zat inilah yang menentukan warna kulit seseorang. Mereka yang memiliki kulit cenderung gelap artinya memiliki zat melanin berjumlah besar, begitu sebaliknya.

Yang perlu kita tahu, produksi zat melanin ini bisa berubah-ubah, tergantung situasi atau kondisi tertentu, misalkan saja paparan sinar matahari.  Lalu kenapa tinggal di Jakarta kulit jadi putih?

Ada beberapa alasan yang bisa menjawab pertanyaan ini. Pertama, kondisi cuaca di Jakarta yang tidak terlalu panas sehingga paparan sinar matahari tidak merusak kulit. Apabila kita bandingkan antara kota Pekanbaru dan Jakarta, jelas Pekanbaru lebih panas. 

Perbedaan suhu dan cuaca inilah yang bisa menjadi penyebab mengapa warna kulit orang Jakarta lebih putih daripada warna kulit orang Pekanbaru. Terlepas dari kondisi tersebut, kita bisa lho menjaga kulit supaya tidak terbakar sinar matahari. Mau tahu caranya? Yuk simak tips berikut!

Kenapa Tinggal di Jakarta Kulit Jadi Putih? Lakukan Ini Untuk Bantah Asumsi Tersebut

Apakah benar mereka yang menetap di Jakarta pasti memiliki kulit yang putih? Warna kulit masih menjadi panduan atau tolak ukur untuk menghitung tingkat kecantikan perempuan di Indonesia.

Seringnya mereka berpatokan kepada mereka yang tinggal di kota-kota besar, seperti Ibukota Indonesia, Jakarta. Padahal ada banyak faktor yang merubah warna kulit. Kenapa tinggal di Jakarta kulit jadi putih?

Tidak harus tinggal di Jakarta untuk punya kulit putih. Kita bisa menjaga dan melindungi kulit dari sinar matahari dengan cara melakukan perawatan. Perawatan seperti apa yang kita butuhkan?

Mari mulai dengan hal basic terlebih dahulu, yakni disiplin memakai sunscreen ketika beraktivitas, baik itu di luar ruangan atau dalam ruangan. 

Sinar matahari yang langsung mengenai kulit, berpotensi menjadikan kulit kita rusak, terbakar dan berubah warna menjadi gelap. Kebiasaan masyarakat Ibukota juga menjadi penyebab mengapa warna kulitnya bisa jadi lebih putih.

Mereka cenderung menghabiskan waktu untuk bekerja di dalam ruangan. Sehingga kulitnya jarang terbakar matahari secara langsung. Itulah rasionalitas yang bisa diberikan untuk pertanyaan kenapa tinggal di Jakarta kulit jadi putih. Dimanapun Anda berada, jangan malas merawat kulit, ya!

Tinggalkan komentar