Close

Tahapan Siklus Daur Hidup Rayap dan Penjelasannya

Apa Itu Rayap?

Pasti untuk orang yang tinggal di area perkotaan banyak yang masih bingung dengan apa itu yang dinamakan dengan rayap atau anai-anai bukan? daur hidup rayap yang unik ini banyak ditemukan pada bangunan rumah atau di area yang memiliki iklim lembab. Umumnya rayap akan mengkonsumsi kayu yang ada di bangunan atau pohon yang sudah lapuk.

Berbicara tentang rayap, maka pada umumnya hewan ini akan terus berkembang biak menjadi banyak jika berada di lingkungan yang tepat. Lingkungan hidup rayap itu bagaimana? Ada yang tahu? Jadi ia akan bertahan hidup di berbagai lingkungan terutama kayu yang sudah mulai lapuk.

Karena terus digunakan untuk tempat tinggal bahkan juga dikonsumsi, maka kayu yang awalnya sudah lapuk tersebut lama kelamaan akan keropos. Jika sudah keropos, maka bisa dipastikan sudah tidak bisa digunakan lagi sesuai dengan fungsinya. Maka dari itu, jika anda memiliki perabotan yang terbuat dari kayu atau banguna  di hunian, pastikan untuk rajin mengecek dan merawatnya.

Salah satu fakta yang wajib anda pahami jika membicarakan tentang hewan dan daur hidup rayap ini adalah bahwasannya ia akan lebih mudah untuk mempertahankan diri secara berkerumun dan membuat semacam kasta. Dimana dalam kasta tersebut ada yang bertindak sebagai pekerja dan prajurit. Dimana siklus rayap hingga mati hanya akan menjadi posisi tersebut.

Taksonomi dari Hewan Rayap

Setelah paham dengan hewan rayap itu sendiri, maka kini saatnya untuk memahami taksonomi yang ada di dalamnya.

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Arthropoda
  • Kelas : Insecta
  • Ordo : Blattodea
  • Familia : Isoptera

Siklus Hidup dari Hewan Rayap

1. Telur

Hampir sama dengan berbagai siklus hidup dari arthropoda, maka untuk rayap atau anai-anai ini akan dimulai dari telur. Dimana untuk telur ini akan terbentuk setelah raja dan juga ratu anai-anai mulai kawin. Setelah masa pembuahan tersebut, maka seorang ratu anai- anai akan mengandung banyak sekali telur. Bilamana telur tersebut sudah mulai menetas, maka ratu bakal mengeluarkannya.

Dalam sebuah penelitian, telur yang akan dikeluarkan oleh sang ratu ini adalah kasta pekerja. Setelah kasta pekerja ini mulai keluar, maka akan disusul dengan kasta berikutnya atau prajurit. Ada yang tahu bagaimana tugas prajurit dari daur hidup rayap ini? Jadi prajurit ini bertugas sebagai tim keamanan sarang. Dan terakhir adalah telur yang menetas dengan kasta reproduksi atau calon raja dan ratu.

2. Nimfa

Bagian kedua yang wajib untuk anda ketahui adalah tahapan nimfa. Pada fase ini anai-anai akan mengalami pergantian kulit. Ada yang tahu apa nama tahapannya? Jadi untuk nama tahapannya biasa disebut dengan instar. Pada dasarnya untuk setiap hewan termasuk rayap bakal mempunyai tahapan instar yang berbeda-beda.

3. Imago

Ada tahapan lain yang wajib untuk anda ketahui terkait siklus hidup dari hewan rayap, jadi ia sering disebut dengan Imago dan nimfa dewasa. Tanda-tanda untuk tahap imago ini adalah sudah mulai terbentuk organ tubuh, sehingga ia sudah mampu untuk menjalankan perannya masing-masing.

4. Laron hingga Melepas Sayap

Terakhir ini ada yang namanya tahap menjadi laron yang memiliki sayap. Biasanya adanya sayap atau menjadi laron ini muncul sebagai tanda mereka sudah siap untuk kawin. Setelah terbang dan mendapatkan pasangan, maka dalam daur hidup rayap akan melepas sayapnya hingga menciptakan koloni baru.

Kesimpulannya adalah bahwasannya rayap adalah salah satu hewan kecil yang sering ditemukan pada kayu yang sudah lapuk. Tahapan hidup dari hewan anai-anai atau laron ini dimulai dari telur, nimfa, imago, laron, hingga pada akhirnya setelah mendapat pasangan bakal melepaskan sayapnya.

Temukan lebih banyak konten menarik lain di Tanjung Pinang Pos:

Tinggalkan komentar